customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

report text



EXPLANATION ABOUT REPORT TEXT
Pengertian report teks
Report Text adalah Text)yang menghadirkan informasi tentang sesuatu seperti alam, hewan, tumbuhan, hasil karya manusia, dan fenomena sosial dengan apa adanya. Informasi yang dihadirkan dalam Report Text adalah hasil dari observasi dan analisis secara sistematis.

Tujuan Komunikatif Report Text
 Tujuan komunikatif dari Report Text adalah menyampaikan informasi tentang sesuatu, apa adanya, sebagai hasil pengamatan sistematis atau analisis. Yang di deskripsikan dapat meliputi gejala alami, lingkungan, benda buatan manusia, atau gejala-gejala sosial. Deskripsi sebuah Report Text dapat berupa kesimpulan umum, misalnya, ikan paus termasuk binatang mamalia karena ikan tersebut melahirkan anaknya.

STRUKTUR TEKS/GENERIC STRUCTURE REPORT TEXT
 Dalam Report Text, terdapat struktur teks yang terdiri dari dua bagian, yaitu:

 1. General Clasification
Pada bagian general clasification (klasifikasi umum) berisi pengenalan fenomena/ benda yang akan dibicarakan dengan menyertakan pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan klasifikasi-nya.

 2. Description
Pada bagian Description (gambaran) terdiri dari gambaran dari fenomena/ benda yang didiskusikan dari bagian ke bagiannya, kebiasaan atau tingkah laku untuk benda hidup, ataupun kegunaannya untuk benda secara detail.

Ciri Kebahasaan Report Text
            Dalam sebuah Report Text terdapat beberapa ciri-ciri kebahasaan (language features) seperti berikut ini:
    a  .  Menggunakan general nouns, seperti ‘Reptiles in Comodo Insland’, dsb. 
    b.      Menggunakan relating verbs untuk menjelaskan ciri, misalnya reptiles are scaly animals (ciri ini
           berlaku untuk semua reptilia), dsb. 
    c.       Menggunakan action verbs dalam mejelaskan perilaku, misalnya lizards cannot fly, dsb. 
    d.      Menggunakan present tense untuk menyatakan suatu yang umum, misalnya Komodo dragons   
           usually weight more than 160 kg, dsb. 
    e.      Mengguanakan istilah teknis/ ilmiah, misalnya water contains oxygen and hydrogen, dsb.

CONTOH TEXT REPORT

What Is Thunder and Lightning?
Lightning is a sudden, violent flash of electricity between a cloud and the ground, or from cloud to cloud. A lightning fl ash, or bolt, can be several miles long. It is so hot, with an average temperature of 34,000° Centigrade, that the air around it suddenly expands with a loud blast. This is the thunder we hear.
          Lightning occurs in hot, wet storms. Moist air is driven up to a great height. It forms a type of cloud called cumulonimbus. When the cloud rises high enough, the moisture freezes and ice crystals and snowflakes are formed. These begin to fall, turning to rain on the way down. This rain meets more moist air rising, and it is the friction between them which produces static electricity. When a cloud is fully charged with this electricity, it discharges it as a lightning flash.

Related Post

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Unknown
AUTHOR
10 Mei 2020 pukul 18.48 delete

What is meant by lightning

Reply
avatar

Total Tayangan Halaman