customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Ayat Pertama Surat Al Baqoroh

ALIF LAM MIM.

                Alif adalah huruf pertama yang mengandung banyak rahasia. Huruf awal yang tegak berdiri dan tunggal. Dan juga merupakan huruf keseimbangan yang mendeskripsikan akhirat dunia. Pada huruf Alif ini lah bermula Nur ilmu ketuhanan yang dititipkan sebahagiannya  kepada sang Kholifah pertama Nabi Adam Alaihissalam. 

            Alif (  ا ) melambangkan Nabi Adam dan untuk bisa berma'rifat mengenal dirinya maka Allah menjadikan Hawa yang terkenal dengan sebutan Siti Hawa dari diri Adam sendiri. Hawa adalah rasa bagi Adam yang harus dikenali oleh sang Kholifah pertama. Adam adalah zhohir ketika di alam akhirat dan Hawa adalah sebagai bathinnya. Keseimbangan dalam huruf Alif akan terjadi bila berpasangan dan tentunya harus saling berma'rifat tentang asal dan sebab mula dia dijadikan. 

            Lam (ل ), wajib difahami oleh manusia dengan satu tujuan bahwa selain Allah itu adalah tiada. Semua ciptaannya berada dalam alam Bathil karena sesungguhnya yang Haq hanya DIA Allah sang Ahad. Kondisi “TIADA” dalam alam dunia tentu berbeda dengan TIADA di alam akhirat. Tiada dalam alam dunia berarti si Annas dan Insan harus faham bahwa dia tidak lebih baik dari yang lain dan juga tidak terlalu buruk dari yang lain tapi dia berada diantara keduanya, tidak baik dan juga tidak buruk tapi tentu harus bisa berma'rifat diantara keduanya begitulah seterusnya. Sedangkan tiada dialam akhirat adalah yang ada hanya Allah selain  DIA adalah Tiada. 

            Mim ( م ) , merupakan misi awal Nabi Adam Alaihissalam turun ke dunia dan terus ber estafet Nur Ilmunya sampai ke Nabi Muhammad Shollallahu Alaihi Wasallam. Pada huruf mim tersebut terdiri dari tiga sudut atau yang lebih populer dengan sebutan SEGITIGA, bermula dari titik Awal adalah Islam titik kedua adalah Iman dan titik ketiga paling atas adalah Ihsan. 

        Islam dan Iman atau Iman dan Islam harus seimbang seiring dalam berjalan harus saling berma'rifat untuk mendapatkan Shirot  ( Jalan) menuju Ihsan. Ihsan terbaik bagi manusia adalah ketika ia dilahirkan, Perlu disadari dan berma'rifat bahwa hidup ini adalah mengenang kembali perjalanan yang sudah dilalui ketika sebelum hidup di alam dunia dan tentunya harus seimbang Nafs dan Ruhani nya.  


RENUNGAN

1. Alif (  ا )adalah keseimbangan Akhirat Dunia dan Dunia Akhirat yang dilambangkan kepada

        Nabi Adam AS. 

2. Lam ( ل )    adalah Kata tauhid untuk menolak selain Allah adalah Tiada. 

3. Mim (    م )  adalah segitiga yang terdiri dari Islam Iman dan Ihsan. 

4. Alif Lam Mim  (   الم )  adalah Mesin penciptaan Adam As.   م  adalah wadah dimana tempat Adam

       AS diproses. 


Saran. 

Tulisan ini tidak mengandung kebenaran dan bukan untuk mencari kebenaran atau menjadi orang yang paling benar, tulisan ini hanya sekedar memudahkan pemahaman kita kepada Allah. Silahkan bermuzakaroh dengan Mursyid antum yang Wushul Nafs dan Ruhani nya kepada sang AHAD. 


Wallohu A'lam Bisshowab.

انا لله وانا اليه راجعون.


Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman