customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Muasal Manusia sang Kholifah.

 Ada bebarapa hal yang akan kita  diskusikan terkait judul ini diantaranya :

  1. Dalil Al quran mengenai Muasal manusia sang khalifah
  2. Proses penciptaan Nabi Adam AS. 
  3. Derajat Manusia disisi Allah. 

Sahabat Taubi yang dirahmati Allah. 

1. Dalil Al quran mengenai Muasal manusia sang khalifah

Didalam surah Al Baqarah ayat 30 Allah Memberitahukan bahwa sedikitnya ada 3 hal yang perlu kita pelajari :

  1. Allah berkehendak menjadikan Sang kholifah dengan proses yang rapi dengan managemen yang teratur dan tentunya Allah juga Maha nerima respon dari para Malaikat. 
  2. Malaikat bertanya kepada Allah dan juga menyampaikan hal mereka yang selalu taat dan ternyata Amal apapun yang dikerjakan tidak mampu untuk memuliakan si pelakunya kecuali atas rahmat allah. 
  3. Peristiwa penciptaan Adam Atas kehendak Allah dan tentunya mengandung hikmah yang hebat dan pada akhirnya akan bermuara pada pengenalan / makrifat. 

Bahagian ke 2

Proses penciptaan nabi Adam AS. 

Allah memberikan petunjuk atau informasi tersirat mengenai proses penciptaan nabi Adam as Mulai dari Bahan materi sampai kepada cara pembentukannya. 

Didalam kitab daqoiqul akhbar karangan Imam Abdurrahman ahmad Al qadhi mencantumkan beberapa hadist diantaranya dari Ibnu Abbas Ra kemudian dari wahab bin munabbih mengatakan bahwa bahan baku atau materi nabi Adam berasal dari dunia dan juga dari alam akhirat untuk lebih jelas lagi dapat di akses di Wikipedia. 

Bahagian ke 3 

Derajat manusia disisi Allah. 

Dibeberapa surah dalam alquran banyak sekali yang menjelaskan tentang derajat manusia tapi pada kesempatan ini diambil beberapa diantaranya 

  1. Surah kembar Annas dan Alfalaq yang menceritakan sisi terang dan gelap manusia. Pada kedua surah ini pada umumnya manusia itu berderajat Muttaqin yaitu takut kepada Tuhan secara Bathin. 
  2. Surah al Ikhlas Nah pada surah ini menceritakan sisi derajat manusia secara khusus yaitu golongan yang Ikhlas dalam segala hal disebut juga dengan istilah mukhlisiin dan Mukhlasiin 

Dan untuk memahami mengenai ini Allah jelaskan lagi dalam surah Al Baqorah ayat 2 yang menyatakan bahwa orang yang bertaqwa itu disebut Muttaqiin yaitu takut kepada Allah tapi kebanyakan takut itu masih sebatas ikut ikutan tanpa memahami esensi taqwa tersebut boleh dibilang Taqliid. 

Jadi Muttaqiin itu terbagi kepada 2 bahagian Yaitu Muslim dan Mu'miin yang mana kedua duanya sama sama mendapat petunjuk dari Allah. 

Orang yang belajar dari sumber yang tertulis baik itu dengan cara membaca atau lainnya dengan menggunakan akalnya maka ini disebut Muslim 

Sedangkan orang yang langsung mendapat petunjuk dari Allah melalui sisi bathinnya atau qolbu nya baik itu melalui mimpi atau firasat. dan tentunya juga dengan belajar dari sumber yang ada baik itu kitab atau guru yang  hidup maka ini disebut dengan Mu'min. 

Jadi golongan Mukhlisiin dan Mukhlasiin telah tercantum dalam surat al Ikhlas. Dan perlu difahami bahwa ikhlas itu adalah berbuat dan menerima karena allah. Dan mesti disadari bahwa tiadalah keyakinan itu terjadi kecuali dengan adanya keraguan ( roiba) 

Dan untuk mengenal lebih mendalam mengenai Materi diskusi ini silahkan bertanya kepada Guru atau Mursyid Antum yang menceritakan Qolbi atau ahli ruhani.

Kesimpulan diskusi :

  1. Dalil mengenai Muasal Manusia sang Kholifah. 
  2. Proses penciptaan nabi Adam  As. 
  3. Derajat Manusia 

Muttaqiin : orang orang yang takut kepada Allah secara umum atau kebanyakan.

Mukhlisiin dan Mukhlasiin :

orang orang yang berbuat dan menerima dengan ikhlas ( hanya karena allah ).

Berikut ini videonya :


Silahkan berkunjung ke laman tautan berikut ini.

https://www.taubi.my.id/2022/03/muasal-manusia-sang-khalifah.html

Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman