customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

ASBAABUN NUZUL SURAT ALMAA'UUN


Al Maun artinya "bantuan penting" atau "hal-hal berguna".

Surat Al Maun termasuk surat Makkiyah yang diturunkan secara bertahap di Tanah Suci Mekah. Surat ke-107 dari Al Quran ini berisi peringatan kepada orang-orang yang berperilaku buruk.

Asbabun Nuzul surat Al Maa’un.

Paling sedikit ada 3 sebab kenapa surat al maun ini turun :

1. Menurut Ibnu Abbas : 

" Ibnu Abbas berkata: "Ayat ini turun berkenaan dengan Al-Ash bin Wa'il As-Sahmi. As-Sadi berkata: "Ayat ini turun mengenai Walid bin Mughirah." Yang intinya semuanya hampir memiliki kesamaan yakni mereka menyakiti anak yatim yang datang untuk meminta bantuan.

2. Syekh Nawawi Banten (wafat 1316 H)

Menyebutkan riwayat tentang asbabu nuzul surat ini berkenaan dengan Abu Jahal 

Abu Jahal diamanahi anak yatim. Lantas Anak yatim tersebut mendatangi Abu Jahal dalam keadaan tidak berpakaian untuk meminta hartanya sendiri, tapi Abu Jahal menolaknya dan tidak memperdulikannya. Anak itu pun merasa putus asa. 

Pembesar Quraisy yang mengetahui hal itu berkata: "Laporkan kepada Muhammad, ia akan menolongmu." Ucapkan pembesar Quraisy ini tujuan sebenarnya adalah mengolok-olok, namun anak yatim itu tidak mengetahui. 

Lalu benar saja ia mendatangi Nabi saw dan meminta kepadanya untuk memintakan hartanya pada Abu Jahal. Nabi yang tidak pernah menolak permintaan orang yang membutuhkan itu pun langsung bergegas mendatangi Abu Jahal beserta anak yatim tersebut. 

Sesampainya pada Abu Jahal, Abu Jahal sangat menghormati Nabi saw dan langsung memberikan harta anak yatim tersebut. 

Orang-orang kafir Quraisy mengolok-olok sikap Abu Jahal: " Hai, Abu Jahal kamu telah mengikuti agamanya Muhammad." 

"Tidak, aku tetap pada agama nenek moyangku", jawab Abu Jahal. Kemudian Abu Jahal memberikan alasan kenapa ia menuruti Muhammad untuk menyerahkan harta anak yatim yang ada padanya, " Aku melihat di sisi kanan Muhammad terdapat tombak yang mengarah kepadaku, aku takut bila tidak menurutinya, tombak itu akan menusukku. (Muhammad Nawawi Al-Jawi, At-Tafsîrul Munîr li Ma’âlimit Tanzîl, [Surabaya, al-Hidayah], juz II, halaman 667).

https://nu.or.id/tafsir/pengantar-surat-al-ma-un-spesifikasi-asbabun-nuzul-munasabah-dan-keutamaannya-Ja0Ba  


3. Ibn-Juraijseorang ulama, ahli fiqh, pembaca al-Qur'an, perawi hadits golongan tabiu al-tabiin. Menceritakan bahwa :  

Surat Al Maun diturunkan untuk menanggapi perilaku Abu Sufyan terhadap anak yatim.

Abu Sufyan terkenal sangat baik kepada orang-orang di sekitarnya. Bahkan setiap hari ia menyembelih dua unta besar untuk disantap bersama kaumnya.

Namun suatu ketika, ada seorang anak yatim yang datang kepadanya untuk meminta pertolongannya. Namun ABu Sufyan tidak mau menolongnya, justru ia malah memukul anak yatim itu dengan tongkat kemudian mengusirnya.

Padahal sosok Abu Sufyan dikenal sebagai orang yang baik hati di hadapan kaumnya. Akan tetapi ternyata hal itu bertolak belakang dengan sifat aslinya ketika sedang sendiri di rumah.

Penjelasan Audio :

 

Materi ini terkait dengan pembahasan surah Alma'uun.

Referensi :

https://nu.or.id/tafsir/pengantar-surat-al-ma-un-spesifikasi-asbabun-nuzul-munasabah-dan-keutamaannya-Ja0Ba

https://tirto.id/bacaan-surat-al-maun-dan-artinya-tafsir-keutamaan-asbabun-nuzul-gjnY



Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman