customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Mengenal Syahadat

Sudahkah kenal dengan Syahadatain.

Ilustrasi mengenal IKRAR SYAHADAT.

Belajar mengenal Syahadat.

 SIAPA YANG KENAL DIALAH YANG MERASA , Bukankah setiap hari kita selalu membaca syahadat terutama ketika sholat bahkan kalimah syahadat itu sudah mewarnai kehidupan kita ini. Lantas pertanyaan sederhana nya adalah. Kenalkah kita dengan yang kita ucapkan ? dan  kalaupun sudah kenal bahagian mana yang sudah kita kenali ?

Rukun islam itu didirikan atas 5 perkara , Syahadatain adalah bahagian awal, Syahadat PERTAMA disebut SYAHADAT TAUHID dan ini adalah  ikrar yang diucapkan Nabi Muhammad SAW artinya bahwa Rasulullah menyaksikan dengan lengkap Zhohir dan bathinnya Bahwa Tiada TUHAN yang lain selain  Allah, begitu juga Allah menyaksikan Rasulullah Muhammad SAW sebagai Utusannya. Dengan kata lain saling kenal dan saling bersaksi. Bagaima dengan kita yang mengaku Muslim apakah kita sudah kenal dengan syahadat yang kita ucapkan setiap harinya , atau kita hanya ikut ikutan tanpa ada proses belajar didalamnya?

 

Dalam kehidupan kita sehari hari dapat kita Ilustrasikan, ketika kita mempunyai teman baru tentu akan terjadi perkenalan ( TA’ARUF saling berkenalan ) mulai dari siapa Namanya dimana rumahnya dan seterusnya sehingga kita kenal dengan dia. Panca indra dan anggota tubuh yang kita miliki terutama MATA adalah sebagai alat yang kuat untuk menyaksikan sesuatu dan terus akan berproses melalaui akal yang kita miliki. karena mustahil kenal tanpa melihat.

 

Untuk belajar mengenal ( MA’RIFAT ) mengenai  syahadatain ini tentu kita mesti mengenal  (mulai dari namanya , sifatnya dan terus perbuatannya). siapa dan apa yang kita saksikan dan siapa yang menyaksikan kita. Karena ini adalah Aqidah yang harus kita terus ulangi dalam setiap detik kehidupan kita ini. ketika ini belum difahami maka sangat sulit dan mungkin mustahil untuk sampai kepada tujuan mengenal Allah. Nah disinilah perlu untuk belajar mengenal siapa yang sudah disaksikan Allah .  

 

Rasullullah Muhammad saw adalah Manusia terbaik yang sudah disaksikan ALLAH.  jadi untuk mengenal Rasulullah tentu membutuhkan seseorang yang hidup yang kenal dengan ilmu kesaksian atau ahli ruhani sedangkan buku atau yang lainnya hanyalah sebagai referensi untuk menguatkan. Belajar memahami dan mempraktekkan ilmu syahadat ini sama wajibnya, Lantas sudahkah kita disaksikan Allah atau kita menyaksikan Allah atau paling tidak sudahkah kita disaksikan oleh ahli saksi yang kenal dengan Tuhan?

 Summary

  1. Syahadat itu adalah ikrar yang harus dipelajari
  2. Belajar mengenal syahadat itu sama wajibnya dengan memperaktekkannya.
  3. Syahadat itu adalah aqidah yang wajib untuk dikenali.

Referensi.

https://blog.taubi.my.id/2022/07/hikmat-marifat.html

https://blog.taubi.my.id/2021/01/syahadat2.html

https://blog.taubi.my.id/2021/01/haq-islam.html



 

Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman