customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Hikmah Diri pada Haji

 

Hikmah adalah pengetahuan mengenai baik dan buruk. Diri berarti jasad yang terdiri dari zhohir dan bathin sedangkan Haji berarti bersengaja, mengunjungi, berjalan, hijrah. Sesuai dengan yang Alah nyatakan Dhollin Lantas bagaimana kita mengetahui hikmahnya pada diri ? Apakah sudah sesuai dengan pemahaman kita atau belum? 

Mengenang kisah perjalanan Nabi Adam sebagai Manusia pertama yang melakukan haji akibat dari kelalaian yang dilakukan. Memahami kisah perjalanan Nabi Ibrahim dan ismail sebagai peletak pondasi Haji dan ini berawal dari kelalaiannya  terhadap Tuhan. Belajar dan memahami bahwa Manusia itu adalah sesat akibat kelalaian dan berusaha untuk hijrah berpindah bergerak untuk memahami kesesatan diri.  Dalam rangkaian ibadah Haji erat kaitannya dengan diri manusia untuk itu manusia harus sadar bahwa dirinya harus terus bergerak dari rangkaian satu ibadah ke ibadah lainnya untuk mengetahui sifat lalai dan sesat terhadap Tuhan dan guna menghindari sombong pada diri. Dari poin poin di atas Taukah kita siapa diri kita dan apakah kaitannya antara diri dan haji? 

Kesimpulan 

  1. Hikmah itu adalah pengetahuan Baik dan Buruk untuk membongkar sisi kesesatan dalam diri dan haji itu adalah sengaja atau bergerak, berpindah sesuai dengan perjalanan si manusia itu lantas apakah kita sudah berhijrah dari tak tahu menjadi faham dengan cara belajar? Atau tak mau tahu dengan hikmah diri pada haji atau apakah kita sadar bahwa kita adalah lalai dan harus terus belajar. 
  2. Belajar memahami diri dengan apa yang telah Allah gambarkan pada Rangkaian ibadah Haji Melalui kisah para Nabi dan Rasul terdahulu karena itu saling terkait. 

Marilah kita selalu belajar dan minta tolong kepada Allah dengan kalimat Bismillah.... Dengan memaknainya dalam sirr Tolong Ya Allah. 

Wallohu A'lam Bisshowab.


Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman