customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Nikmat Dunia

 Nikmat adalah, sesuatu yang menyenangkan, sesuatu yang enak, Anugrah, lebih jauh nikmat berarti pemberian dari Allah Swt dan merupakan bentuk cinta kepada makhluknya, sebagaimana yang Allah firman kan dalam surat al fatihah ayat 7 poin 1 An Amta yang engkau beri nikmat. Sementara dunia artinya tempat untuk berdiam sementara, tempat ujian, tempat sebelum kematian, arti lain adalah lebih dekat, lebih rendah berarti nikmat dunia adalah pemberian allah kepada manusia yang bersifat sementara, lantas bagaimana mendapatkan nikmat dunia agar berkelanjutan dan tetap didapatkan pada alam abadi? Dan apakah nikmat dunia itu identik dengan yang menyenangkan? 

Nikmat dunia itu tetap Allah berikan kepada setiap Makhluk yaitu berupa keselamatan karena itu merupakan anugrah dari Tuhan. Nikmat dunia itu merupakan fasilitas yang diberikan Allah kepada seluruh Makhluknya dengan bahagian yang berbeda beda. Nikmat itu adalah jebakan Tuhan kepada Makhluknya sebagaimana yang dijalani oleh qorun dan begitu juga dengan tsa'labah dalam segi keilmuan Ar Rojjal bin Unfuwah sahabat nabi dan dimasa abu bakar membelot dan menjadi pengikut Musailamah Al kazzab. Pertanyaannya apakah semua nikmat dunia itu membawa berkah pada si penerimanya atau sebaliknya menjadi istitraj. Nikmat tertinggi itu adalah iman kepada Allah sebagaimana yang dialami oleh para nabi rasul dan walinya dan orang orang shaleh.  

Sebagai kesimpulan 

1. Nikmat dunia itu adalah pemberian Allah dengan kasih sayangnya kepada setiap Makhluk sebagai bekal baginya menuju alam yang abadi. Seberapa besarkah pemahaman kita terhadap nikmat Allah ini? 

2. Nikmat dunia itu adalah anugrah yang harus dikenali dan nikmat tertinggi itu adalah iman, Rasa yang allah timbulkan pada setiap dada manusia berupa kefahaman terhadap nikmat dunia tersebut. 


Wallohu a'lam bisshowab.


Related Post

Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman