customer service
Selamat datang di web ini. Ada beragam materi sekolah dan informasi seputar pelajaran Islam. Mari kita merubah tujuan belajar untuk mengenal sang pemilik ilmu


Cari Materi sesuai label :

  

  

Hikayat QS Al Fatihah Ayat 6 dan 7 ( Pengajuan Proposal )

 Permintaan identik dengan Doa dalam bahasa Arab yang berarti permohonan, harapan  memanggil, mengundang, minta tolong, meminta, memohon Secara luas bermakna Meminta dan memohon pertolongan kepada Allah terhadap sesuatu Hal. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam surat Al-Fatihah ayat 6 dan 7. Lantas kenapa dibaca berulang ulang dalam sholat? Sadarkah kenapa kita diperintahkan untuk mengulanginya setiap shalat? 

Dalam alquran Surat Al Fatihah ayat 6 dan 7 Allah berfirman 

اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَۙ ۝٦

Bimbinglah kami ke jalan yang lurus,

صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ

(yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) orang-orang yang sesat.

Ayat 6 dan 7 ini saling berkoneksi antara satu sama lain karena ini adalah permintaan si manusia kepada Tuhannya. Benarkah demikian?  Sebagaimana firman Allah aqimussholah atuzzakah dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Ayat ke 7 terdiri dari tiga bahagian yang merupakan amanah yang harus dizakati ( dhollin)  keadaan manusia yang lupa dan lalai hingga tersesat zakatnya adalah berhijrah  belajar mengenai asal muasal manusia sang kholifah. Maghdub adalah dimurkai kebanyakan manusia berada dalam kemurkaan Allah tapi Allah menahannya. Maka zakatnya adalah mengeluarkan,  menyampaikan apa yang telah diamanahkan Allah kepada yang berhak menerimanya. Baik berupa ilmu ataupun harta benda. An amta yang engkau beri nikmat Bukankah nikmat Allah itu begitu banyak lantas taukah kita bahwa nikmat tertinggi itu adalah iman dan itu Allah nyatakan didalam puasa karena puasa itu adalah antara si manusia dengan tuhannya maka ini merupakan zakat pada zhohir dan bathinnya si Manusia. Sadarkah kita bahwa ketiga hal di atas adalah permintaan kita yang sering dibaca dalam sholat? Bagaimanakah kaitannya dengan ayat 6. Ayat ke 6 ini adalah permintaan yang kuat kepada Tuhan antara takut dan harapan bersatu Ihdina adalah pengakuan manusia yang sangat butuh dengan petunjuk Allah. Dengan kata lain perlu berkoneksi dengan Tuhan shirat adalah jalan, penghubung , bukankah sholat itu artinya penghubung cepat antara manusia dengan Tuhannya dan tentunya disini si manusia harus belajar apa itu sholat mulai dari gerakannya unsurnya sampai kepada tujuannya. Ayat keenam ini identik dengan pengajuan permintaan manusia kepada Tuhan. 

KESIMPULAN

Permintaan itu identik dengan permohonan yang bearti meminta pertolongan kepada Allah untuk satu tujuan. 

Hubungan antara ayat ke 6 dan ketujuh adalah ibarat proposal (pengajuan permintaan) kepada Allah ayat tujuh identik dengan isi permintaan sedangkan ayat keenam adalah pengajuan isi permintaan kepada allah berharap untuk disaksikan. 


Wallahu a'lam bisshowab.


Related Post

Latest
Previous
Next Post »

Total Tayangan Halaman